Alasan Kenapa Hari Minggu itu Hari Libur

Jika kita bertanya kepada orang atau teman kita sendiri dan bilang kepada mereka Hari apa yang paling mereka tunggu?dan pasti dia menjawab Hari Minggu.Mengapa? ya, Karena hari minggu itulah kantor maupun sekolah libur dimana kita bisa jalan-jalan atau pun bermalas-malsan di rumah pada hari minggu tersebut.dan juga biasa nya dihari libur banyak di gunakan untuk hal yang menyenang kan,berkumpul bersama keluarga,jalan jalan ke taman,ke mall,atau berkumpul bersama teman bagi yang masih muda,yang tidak punya uang cukup di rumah saja,berteman kan tv menonton acara gosip murahan atau lagu favorit,tapi Admin Situs Indonesia memanfaatkan hari libur tersebut untuk Istirahat di rumah dan yang paling penting bermain Blog.mungkin sebagian orang juga memikirkan Kenapa hari Minggu itu libur?Mengapa harus hari minggu?Kenapa tidak hari senin,selasa atau hari lainnya ?sebenarnya ini berasal dari sebuah tradisi kuno yang masih dikuti tradisi nya sampai sekarang.gimana sejarah dan asal mulanya mari simak penjelasan sejarah Kenapa Hari Minggu itu Hari libur.
Begini sejarahnya, tradisi libur di hari Minggu awalnya berasal dari tradisi Romawi Kuno di Italia. Pada saat itu orang Romawi Kuno beribadah di hari Minggu. Oleh kerena itu, orang Romawi libur di hari Minggu. Selain itu, orang Romawi selalu menandai hari libur dan hari penting lainnya dengan warna merah.

Waktu itu orang Romawi menguasai banyak Negara di Eropa. Kekuasaan Romawi sampai Belanda, Inggris, Prancis, Jerman, dan lain- lain. Tradisi libur di hari Minggu kemudian diterapkan di Negara- Negara jajahan Romawi.Termasuk Negara Belanda. Negara Belanda kemudian menjajah Indonesia selama 350 tahun. Orang- orang Belanda di Indonesia menerapkan tradisi libur di hari Minggu.

Sampai sekarang, tradisi libur di hari Minggu masih dipakai di Indonesia. Alasannya, selama 6 hari orang sudah bekerja keras dan perlu libur. Pemerintah Indonesia menetapkan hari Minggu sebagai libur Nasional. Kalender Indonesia juga mewarnai hari libur lainnya dengan warna merah. Tradisi libur di hari Minggu tetap dipakai di banyak Negara sampai sekarang. Termasuk juga menandai tanggal- tanggal penting dengan warna merah.
Lalu,Apakah ada Negara/Bangsa/wilayah lain yang tidak menerapkan tradisi ini ? Jawabannya adalah Ada ! Bangsa itu adalah Bangsa Arab dan Yahudi.Mereka menrapkan hari libur yang berbeda seperti di bangsa arab hari libur mereka adalah pada hari Jum'at karena mereka beranggapan hari jum'at merupakan hari suci atau hari untuk ibadah lainhalnya dengan bangsa yahudi , Bangsa yahudi lebih memilih hari libuar adalah hari Sabtu dan alsannya adalah merek beranggapan hari sabtu itulah sebagai hari ibadah sehingga mereka menerapkan hari libur adalah hari sabtu.
Berdasarkan dari 3 tradisi tersebut dapat kita simpulkan bahwa di masing-masing tradisi yang ada mereka menerpakan hari libur pada hari suci / hari untuk ibadah.
 
 
 
 
0 Komentar untuk "Alasan Kenapa Hari Minggu itu Hari Libur"

Back To Top